Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Bandwidth (Lebar Pita atau Jalur)

Pengertian Bandwidth

Bandwidth merupakan suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit per detik atau yang biasanya disebut per second (BPS) antara server dan client dalam waktu tertentu.

Kemudian definisi bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi.

Jadi kesimpulannya adalah bandwidth merupakan kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah menghitung transaksi data.

Bandwidth sering dipakai sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang bisa dibawa dari suatu titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu biasanya dalam hitungan detik. bandwidth pada jaringan komputer ini umumnya diukur dalam BPS atau bit per second.

Fungsi Bandwidth.

fungsi utama bandwidth adalah untuk menghitung besaran transaksi atau transfer data dari pengguna yang mengakses sebuah server.

Berikut adalah fungsi bandwidth dalam jaringan komputer.


A. Menjadi jalur atau media pengiriman data.

Fungsi ini adalah fungsi yang paling umum dan berlaku di hampir semua tempat yang memiliki jaringan komputer.

bandwidth memang berfungsi sebagai media atau jalur pengiriman data yang dimiliki oleh suatu komputer atau jaringan tertentu. 

B. Membatasi kecepatan transfer data.

Fungsi yang kedua ini biasanya lebih sering digunakan oleh para administrator jaringan untuk menjaga agar jaringan yang dia kelola berfungsi dengan baik karena tidak ada salah satu pengguna yang mengakses situs atau data tertentu yang menyedot banyak bandwidth.

Oleh karena itu para pengelola jaringan biasanya akan membagi bandwidth dengan adil bagi para pengakses internet. Misalnya dengan memukul rata bahwa semua pengunjung warnet mendapatkan jatah bandwidth yang sama, Dengan demikian tidak ada salah satu pengguna menghabiskan lebih banyak bandwidth dari pengguna yang lain.


C. Membatasi jumlah data yang dapat ditransfer.

Fungsi ini mungkin lebih sering diaplikasikan oleh administrator jaringan dan di dalam hosting. adanya bandwidth dapat menjadi salah satu media yang digunakan untuk membatasi total jumlah data yang dapat ditransfer dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya web hosting menyediakan bandwidth sebesar 1 GB per bulan, itu berarti dalam 1 bulan jumlah maksimal transfer data yang dapat dilakukan adalah 1 GB, tidak peduli jumlah perangkat yang mengakses situs, kecepatan aksesnya dan lain sebagainya.

aturan ini hanya membatasi jumlah data yang bisa ditransfer oleh hosting tersebut ke para pengakses nya.

pembatasan ini biasanya diterapkan para administrator jaringan hosting sebagai salah satu bentuk diferensiasi produk agar para penikmat hosting berpindah pada paket hosting yang lebih tinggi dan tentunya memiliki biaya lebih tinggi pula.

Macam-macam bandwidth.


Bandwidth dibagi menjadi dua macam yaitu:


A. Bandwidth analog.


merupakan rentang antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi yang digunakan pada transmisi sinyal radio (digital ataupun analog) dalam satuan hertz (Hz).

rentang tersebut dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu waktu.


B. Bandwidth digital.


Merupakan jumlah atau banyaknya data (bit) yang dapat dikirimkan dan diterima melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi dalam satu detik. Satuannya adalah bits, byte, kilo, mega, giga.

Bandwidth juga dibedakan menjadi bandwidth uplink atau upload dan bandwidth downlink atau download.

Upload merupakan proses dimana kita mengunggah atau mengirim data dari perangkat kita. Sedangkan download adalah proses dimana kita mengambil atau mengunduh data dari perangkat lain atau internet.

Troughput

Pengertian dari throughput adalah bandwidth yang sebenarnya atau aktual, diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu, serta digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu juga.

misalnya bandwidth yang anda miliki adalah 64 kbps lalu anda ingin mengunduh file dari internet berukuran 128 kb. seharusnya file tersebut sudah sampai ke komputer anda hanya dengan waktu 2 detik (128/64).

Namun yang terjadi, file tersebut tiba di perangkat kita dalam waktu 8 detik. Jadi bandwidth yang sebenarnya adalah 128 kb/ 8 detik = 16 kbps 

faktor-faktor yang mempengaruhi bandwidth dan throughput antara lain sebagai berikut:

1. Perangkat jaringan yang digunakan.
2. Topologi jaringan yang digunakan.
3. Tipe data yang ditransfer.
4. Banyaknya pengguna jaringan.
5. Spesifikasi komputer server.
6. Spesifikasi komputer client.
7. Induksi listrik maupun cuaca.

Prinsip dan cara kerja manajemen bandwidth.

Manajemen bandwidth dilakukan dengan cara mendefinisikan alamat IP dari client yang akan di batasi penggunaan bandwidth nya. 

hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya monopoli bandwidth oleh seorang pengguna klien, sehingga pembagian bandwidth ke semua klien akan sama rata. 

Link performance.

Masalah yang dapat membatasi kinerja Link yang diberikan meliputi:

1. transmission control protocol atau TCP menentukan kapasitas koneksi dengan membanjirinya sampai paket mulai disampaikan.

2. Queing di router menghasilkan lebih tinggi dan saat jaringan mendekati dan kadang-kadang melebihi kapasitas.

3. TCP global synchronization, ketika jaringan mencapai hasil kapasitas pemborosan bandwidth.

4. Burstiness lalu lintas web membutuhkan bandwidth cadangan untuk mengakomodasi lalu lintas yang padat dengan kecepatan tinggi.

5. kurangnya dukungan luas untuk mengatasi kemacetan jaringan dengan pemberitahuan kemacetan manajemen di internet.

6. Internet service provider atau ISP biasanya memegang kendali atas manajemen antrian dan kualitas pelayanan di akhir tautan.

7. kemacetan jaringan memungkinkan produk akhir yang lebih tinggi untuk mengurangi arus lalu lintas mengurangi kedalaman antrian, dan memungkinkan lebih banyak pengguna untuk berbagi lebih banyak bandwidth secara merata.

Tugas siswa.


1. Pelajari dan pahami tentang QOS quality of service sebagai bagian dari pengetahuan tentang kualitas bandwidth dari berbagai sumber.
2. Mempraktekkan manajemen bandwidth pada perangkat Mikrotik.

Posting Komentar untuk "Manajemen Bandwidth (Lebar Pita atau Jalur)"