Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Compressed File (File Yang Dikompresi atau Dipadatkan)

 

Materi ini saya angkat ini berkenaan dengan masih ada beberapa siswa yang walaupun di rumahnya memiliki perangkat komputer tetapi masih belum mengenal dengan baik tentang file yang terkompresi.

Saat ini penggunaan file yang terkompresi tidak hanya ditemukan pada sistem komputer namun sudah meluas pada perangkat mobile seperti misalnya HP atau handphone.

File Terkompresi

File terkompresi adalah file yang dengan suatu tehnik dapat dipadatkan menjadi berukuran lebih kecil dari ukuran aslinya kemudian disimpan dengan ekstensi zip, rar, 7z, tar (linux) dan lainnya.

Kompresi file dapat dilakukan pada satu atau beberapa file dan folder sekaligus yang hasil akhirnya menjadi hanya satu file saja. Pada beberapa kasus untuk kepentingan download yang mudah pada file yang berukuran besar, kompresi file dapat dipecah menjadi beberapa bagian file.

Keuntungan Menggunakan File Terkompres

1. Menyatukan banyak file dan folder menjadi satu file saja.
2. Ukuran file kompres dapat menjadi jauh lebih kecil dari aslinya.
3. Memudahkan upload dan download file.
4. Lebih aman dari serangan virus
5. dll

Gambaran Tentang Metode Kompresi

Salah satu gambaran metode kompresi bisa saya contohkan misalnya pada sebuah artikel mengandung beberapa kata atau kalimat yang sama berulang beberapa kali, maka kata atau kalimat tersebut dapat diubah atau dikonversi menjadi sebuah kode atau simbol yang lebih pendek.

Jika pada artikel tersebut mengandung banyak kata atau kalimat yang dapat dikonversi menjadi kode pendek misalnya saja kata "kompresi" diganti dengan kode "a1" sudah terjadi penghematan 6 karakter.



Posting Komentar untuk "Compressed File (File Yang Dikompresi atau Dipadatkan)"