Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Content Management System (CMS) Aplikasi Berbasis Web Untuk Semua Kalangan

CMS

Content Management System atau CMS, adalah sebuah aplikasi berbasis web, dapat berupa aplikasi inventory, website atau homepage, aplikasi database, aplikasi penjualan dan lain sebagainya.

Beberapa tahun sebelumnya membuat halaman website merupakan hal yang khusus dilakukan oleh seorang web master atau programmer web, karena pembuatannya memerlukan keahlian khusus maka bagi siapapun yang ingin memiliki website, akan membutuhkan seorang web master.

Berbeda saat ini dengan maraknya aplikasi CMS yang tersedia, membangun website telah menjadi jauh lebih mudah, dengan mempelajari penggunaanya dalam waktu sangat singkat seseorang dapat membuat halaman website untuk dirinya sendiri maupun instansi menggunakan CMS ini.

CMS merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang memiliki dua sisi yaitu front end dan back end, front end adalah bagian dimana orang-orang melihat sajian tampilan halaman web, sedangkan back end adalah bagian dimana pemilik aplikasi web melakukan pengelolaan untuk update penayangan halaman web.

Sisi back end dapat diibaratkan sebagai dapur pengelolaan, disini pemilik halaman menambahkan berita, mengatur gambar-gambar konten, keanggotaan web dan lain sebagainya.

Aplikasi ini dapat dikelola secara online langsung pada penyedia web hosting, dimana rata-rata penyedia web hosting biasanya telah menyediakan berbagai jenis CMS untuk di pasang, atau dapat juga dikelola secara offline dengan bantuan local web server, sebelum akhirnya di upload pada penyedia web hosting.

Back End Web Sekolah
Contoh Back End CMS Web Sekolah

Saat ini sudah berkembang sangat banyak jenis CMS, ada berupa web sekolah, web forum, aplikasi inventory, aplikasi penjualan, aplikasi ujian dan lain-lain, baik yang free (gratis) maupun yang premium (berbayar). Kumpulan CMS beserta fungsinya dapat di download pada halaman opensourcecms.com

Back End Joomla
Contoh Back End CMS Joomla

Dengan demikian CMS dapat dikatakan sebagai aplikasi berbasis web untuk menyajikan konten-konten dengan berbagai fungsi, yang dapat di gunakan dengan mudah oleh siapapun tanpa harus menggunakan jasa seorang web master.

Membangun web dengan CMS, seseorang tidak perlu untuk mempelajari bahasa pemprograman web yang memakan waktu cukup lama.


Posting Komentar untuk "Content Management System (CMS) Aplikasi Berbasis Web Untuk Semua Kalangan"