Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Control Panel Hosting

cpanel

 

Bagi seorang webmaster sudah tentu sangat mengenal apa itu control panel hosting, atau setidaknya bagi yang pernah membangun website berbasis hosting baik itu jenis CMS, framework, maupun native, pastilah mengenal control panel hosting yang dimaksud.


Control panel hosting sering disingkat dengan cpanel, adalah salah satu aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai kontrol panel web hosting yang memberikan tampilan grafis dan program-program yang dibuat untuk memudahkan manajemen website.

Control panel hosting menyediakan solusi sebagai host dari beberapa situs website yang berjalan pada share hosting, VPS (Virtual Private Server), dan dedicated server.

Control panel hosting jenis ini menawarkan kemudahan untuk mengelola piranti lunak berbasis web untuk menyederhanakan proses penanganan server, tanpa perlu memiliki pengetahuan akan server administration. Control panel hosting ini berisikan berbagai fasilitas untuk mengatur semua fungsi dalam server.

tampilan cpanel
Tampilan menu cPanel


Dasar-dasar cPanel

Secara sederhana, cpanel identik dengan sebuah web hosting control panel yang digunakan untuk mengatur server yang letaknya sangat jauh (bisa di dalam atau di luar negeri) yang dipakai untuk hosting website.Di mana kita bisa mengatur beberapa fungsi dari server tersebut dengan mudah.

Cpanel disediakan oleh perusahaan pemilik server, dan di-install secara langsung pada server yang bersangkutan. cPanel hingga sekarang baru support dengan server berbasis Linux OS. 

Dengan cpanel kita dapat mengetahui spesifikasi server yang dipakai, seperti processor, RAM, penggunaan storage hosting, termasuk beban server juga bisa diakses dengan mudah. Mengatur pemakaian domain, file-file web, database dan lain sebagainya.

cpanel flow

Jadi ketika seorang webmaster atau web developer selesai membuat sebuah website di lingkungan offline menggunakan localhost webserver maka  selanjutnya dia harus menyewa nama domain dan tempat hosting web tersebut untuk di onlinekan. 

Sewa nama domain dan hosting dapat dilakukan pada sebuah pemberi layanan hosting, atau nama domain dan hosting dapat saja berada pada dua pemberi layanan yang berbeda namun tetap saat diakses keduanya saling terkait.

Kesimpulannya: Cpanel adalah aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai control panel program-program pendukung website yang tertanam dalam komputer web server. Cpanel sendiri sejatinya sebuah merk control panel yang populer di Indonesia dan mayoritas digunakan oleh perusahaan penyedia web hosting di seluruh dunia. Ada juga control panel website merk lain misal Plesk, Webmin, Direct Admin, dll.

Fitur cPanel 

Dengan adanya cpanel ini sangat membantu blogger dan website developer dalam membuat konten website yang berkualitas, mudah dan juga murah. cPanel sendiri merupakan aplikasi berbayar. Pada dasarnya, fitur-fitur dari cPanel adalah sebagai berikut.

1. Preference
Tersedia berbagai macam tutorial berupa video dan artikel, serta pengaturan dari cpanel seperti merubah tema, bahasa dan lain-lain (belum tersedia bahasa indonesia).

2. Mail
Tersedia berbagai opsi yang mengatur email pribadi yang berdasarkan domain yang dipakai. Biasanya juga terdapat fitur anti spamspam assassin yang dibundling di fitur ini.

3. Files
Mengatur tentang file yang masuk di hosting. Pemilik bisa mengakses file yang ada di hosting, mengedit file hosting tersebut. Backup file yang ada di hosting dan lain-lain.

4. Logs
Untuk melihat aktivitas tentang siapa saja user yang mengakses website, check ip dari pengunjung website. Memasang password pada folder/direktori dari file hosting dan lain-lain.

5. Domain
Mengatur tentang pemasangan domain, add on domain, sub domain, pengaturan DNS dan lain-lain.

6. Database
Mengatur tentang database dari website seperti database MySQL dan PHP MyAdmin.

7. Software
cPanel juga mendukung pemasangan script aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi pihak ketiga tersebut diantaranya seperti softaculous (Pemasangan WordPress, joomla, drupal dalam satu klik), Cloudfire CDN dan lain-lain.
 
Pada dasarnya cPanel termasuk merk conrol panel yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Ada juga control panel web hosting merk lain seperti Direct Admin, Webmin, Plesk dan lain-lain. Terdapat conrol panel alternatif yang bersifat opensource yang tersedia untuk di unduh secara gratis dengan fitur hampir sama dengan yang berbayar.
 
Contoh lain dari aplikasi cpanel adalah  :
  • Plesk
  • Kloxo
  • Zpanel
  • Webmin
  • EHCP
  • DTC
  • Interworx
  • Ajenti
  • VestaCP
  • Webuzo
  • sPanel

Perbedaan Web Hosting Server

Pengertian web hosting adalah sebuah service atau layanan yang menyediakan resource dari server untuk disewakan kepada semua orang yang membutuhkannya untuk menempatkan file atau informasi di jaringan Internet, sehingga tidak perlu memiliki server mandiri yang beroperasi 24 jam.

Hosting dapat dikategorikan menjadi di share hosting ( sebuah server untuk banyak user/sharing resources), dedicated hosting (sebuah server untuk seorang user), dan reseller hosting yang nisa dijual kembali. 

Servis pada hosting itu bermacam-macam, mulai dari web, ftp, email, vpn, dan lain-lain. Untuk memakai layanan hosting, kita menggunakan control panel.

control panel sebagai sebuah aplikasi pada hosting untuk mempermudah pengaturan hosting yang memiliki kemiripan seperti OS dan berbasis GUI. namun sebenarnya aplikasi ini berupa kumpulan script script dan command yang didesain sedemikian rupa untuk memudahkan webmaster dalam mengelola website.

a. Server Hosting Indonesia

yang digunakan untuk menyimpan data website/datacenter terletak di Indonesia (Jakarta). Beberapa karakteristik dari server hosting Indonesia sebagai berikut.

1. Cepat jika diakses oleh pengguna internet di Indonesia karena routing/jaraknya pendek.

2. Cocok buat website yang pengunjungnya utama berasal dari Indonesia.

3. Tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas jaringan internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan.

4. Untuk berkirim email ke arah mail server luar negeri seperti Yahoo!, Hotmail dan Gmail, lebih lambat datangnya daribandwidth internasional yang lebih kecil.

b. Server Hosting Singapura

Server hosting Singapura artinya komputer web server yang digunakan untuk menyimpan data website/datacenter terletak di Singapura. beberapa karakteristik dari server hosting Singapura sebagai berikut.

1. Cepat jika diakses oleh pengguna internet di Indonesia dan Asia Pacific karena routing/jaraknya pendek.

2. Cocok buat website yang pengunjung utama dari Indonesia dan Asia Pasifik.

3. Terpengaruh oleh kondisidari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan.

4. Untuk berkirim email ke arah mail server luar negeri seperti Yahoo!, Hotmail dan Gmail, relatif lebih cepat datangnya dibanding kan server Indonesia.

5. Kecepatan akses di Indonesia dan Asia Pasifik relatif cepat namun normal di dunia internasional.

c. Server Hosting USA

yang digunakan untuk menyimpan data website/datacenter terletak di USA. Beberapa karakteristik dari server hosting USA sebagai berikut.

1. Cepat diakses dari seluruh dunia karena pusat server internet dunia ada di USA.

2. Cocok buat website yang pengunjung utama berasal dari dunia internasional.

3. Terpengaruh oleh kondisi konektivitas jaringan internasional dari ISP Indonesia yang digunakan pelanggan.

4. Pengiriman dan penerimaan email cepat/realtime  sebab routing ke mail server relatif lebih pendek, misal ke Yahoo!, Hotmail, Gmail dan pengguna server berbasis di USA lainnya.

 Tugas :
1. Kenalilah berbagai cPanel yang digunakan untuk mengelola website pada sebuah layanan web server.
 
2. Praktekkan membangun sebuah aplikasi website sederhana ataupun menggunakan CMS (Content Manajemen System) kemudian upload pada sebuah layanan server gratis yang menggunakan cpanel. Contoh yang memberikan layanan webserver gratis adalah www.infinityfree.net. 
 
Infinityfree.net memberikan 3 webhosting dan domain gratis untuk satu akun yang bisa kamu gunakan untuk ujicoba website atau aplikasi berbasis web lainnya.


Posting Komentar untuk "Control Panel Hosting"