Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Komunikasi VoIP

VoIP (Voice Over Internet Protocol)

Dari akronim atau singkatan VoIP adalah Voice Over Internet Protocol, sudah dapat dibayangkan melalui artinya. Yaitu layanan percakapan melalui protocol internet.

Dimana percakapan audio atau suara diubah menjadi paket data kemudian dikirimkan melalui jaringan IP. Jaringan yang digunakan bisa dalam lingkungan LAN ataupun internet, tergantung pada kebutuhannya.

VoIP juga sering diistilahkan dengan IP telephone, pada perkembangannya tidak hanya sebatas layanan voice atau suara, melainkan juga video dan data lainnya.

Cara Kerja VoIP

Sistem kerja VoIP adalah mengubah suara audio analog yang diterima oleh microphone menjadi paket data digital, kemudian mendapatkan proses pemberian identitas dan alamat IP pada perangkat VoIP, terakhir suara yang telah dikonversi menjadi paket data dapat diteruskan ke perangkat VoIP tujuan.

Paket data bisa melalui perangkat seperti switch hub maupun router.

VoIP Phone Adaptor
VoIP Phone Adaptor


VoIP Adaptor2
Contoh diagram koneksi VoIP adaptor

Layanan VoIP

Layanan VoIP juga bisa dinikmati d Android, pada jaringan telephone konvensional, pesawat telephone terkoneksi dengan PABX (Private Automatic Branch Exchanger) dapat juga disebut dengan STO (Sentral Telephone Otomatis) seperti milik Telkom.

Pada STO tersebut terdapat daftar nomer-nomer telephone yang disusun secara hirarki sesuai wilayah jangkauannya. Cara kerjanya yaitu saat nomer telephone ditekan, maka akan mengirim informasi tujuan melalui nada-nada, kemudian secara otomatis menghubungkan kedua titik tersebut dalam jaringan.

Namun saat ini orang cenderung beralih ke teknologi VoIP, telephone konvensional sudah mulai jarang digunakan.

Kekurangan VoIP

Kekurangan VoIP adalah tingkat kualitas suara yang rendah (Suara tidak sejernih jaringan PSTN), sering ada jeda saat berkomunikasi, regulasi terbatas, bisa mengakibatkan jaringan terhambat/stuck.

Tidak ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet, dan peralatan VoIP pun tergolong mahal.

Kelebihan VoIP

Dari beberapa kekurangan terbut, VoIP menyajikan begitu banyak kelebihan. Dengan VoIP dapat memperluas layanan komunikasi suara umum di banyak cabang, beroperasi lebih efisien, murah dan dapat memberikan layanan suara canggih untuk suatu bisnis.

Dengan efisiensi bandwidth dan biaya yang rendah maka, banyak perusahaan atau bisnis lainya yang mulai pindah dari telephone konvensional ke sistem VoIP.

Karena dengan VoIP business phone system maka perusahaan menjadi layanan "komunikasi terpadu" yang dapat menangani semua komunikasi panggilan telephone, faksimili, voice mail, email dan video conference dapat dikirimkan melalui sarana apa saja dan ke handset manapun, termasuk ponsel.

Posting Komentar untuk "Sistem Komunikasi VoIP"